Kamis, 28 Juli 2016

Tips Mengatur Waktu Bermain Tanpa Meninggalkan Belajar

Mungkin bagi kalian para siswa yang berada di kelas 3 SMA saat ini kalian sedang sibuk-sibuknya mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional , Tetapi tidak ingin menghabiskan waktu terakhir kalian dengan teman-teman SMA kalian hanya dengan belajar saja ?

Harus saya akui hal tersebut memang sempat saya pikirkan , tapi jangan sampai hal tersebut membuat kalian malas-malasan belajar

Oleh karena itu saya disini akan memberikan tips bagi teman-teman semua agar kalian dapat mengatur waktu belajar tetapi masih menikmati waktu bermain kalian

1. Membuat Jadwal Belajar


" Ok , Yang pertama dari hal yang dasar . Yap ! Mengatur Jadwal Belajar "
Hal pertama yang harus teman-teman lakukan adalah membuat jadwal belajar , karena apabila teman-teman membuat jadwal pelajaran , teman-teman dapat mengatur waktu yang tepat kapan harus belajar dan kapan akan bermain.

Karena saya yakin , apabila teman-teman semua membuat jadwal belajar , waktu belajar kalian akan lebih teratur dan mendapatkan hasil yang lebih memuaskan dibanding dengan belajar tanpa membuat jadwal

2. Membedakan Mana Kebutuhan dan Mana Keinginan

Kebutuhan dan Keinginan adalah dua istilah yang megacu pada hal yang berbeda , Hal ini merupakan salah satu hal penting yang harus teman-teman lakukan.

Teman-teman harus memilah-milah mana yang menjadi priritas utama dan mana yang hanya untuk sekedar meinginan semata .

3. Jangan Menunda-nunda Pekerjaan Rumah ( PR )

Pekerjaan Rumah atau sering Disebut dengan PR pastilah tidak asing bagi teman-teman semua , Setiap selesai , Setiap Selesai pembelajaran di Sekolah biasanya guru memberikan PR yang bertujuan agar para siswa belajar di rumah dan lebih paham apa yang telah guru berikan di sekolah.

Tetapi kebanyakan para siswa menunda-nunda waktu untuk mengerjakannya , nah kebiasaan tersebut jangan sampai teman-teman semua lakukan , karena menunda-nunda PR tersebut malah membuat PR nya akan lebih menumpuk , sehingga membuat teman-teman menjadi lebih malas dalam belajar

oleh karena itu kerjakanlan secepat mungkin PR tersebut, Apabila teman-teman kesulitan dalam mengerjakannya ,  teman-teman dapat mengajak teman kalian untuk bersama-sama mengerjakan PR tersebut.


4. Jauhkan Hal-Hal Yang Menurut Teman-teman Dapat Menghambat belajar

Maksud dari pernyataan di atas adalah mencoba untuk , Menjauhkan hal yang dapat menghambat kalian dalam belajar , Seperti Menjauhkan gadget atau alat elektronik , telepon gengam dan TV pada saaat waktu teman-teman belajar karena hal tersebut dapat menggangu konsentrasi  belajar




Karena saya yakin teman-teman semua lebih tahu apa yang terbaik untuk diri kalian masing-masing , oleh karena itu saya disini hanya memberitahu hal yang saya ambil dari pengalaman saya sendiri.

apa yang saya berikan  di atas tidak akan ada artinya apabila teman-teman semua tidak mau berusaha dan mencoba untuk merubahnya.

Bagi teman-teman yang belum baca coba deh baca ulu ini
- 8 Tips Mempersiapkan Diri Menghadapi UN dan SBMPTN

Mungkin sekian " Tips Mengatur Waktu bermain Tanpa meninggalkan Belajar " apabila ada salah kata dan hal yang kurang berkenan saya minta maaf , dan semuga tips dari saya bermanfaat dan lebih menambah semangat teman-teman semua dalam belajar.

Buat Teman-teman yang mau menambahkan ataupun memberi saran kepada saya , tinggal komen saja dibawah ya 

1 komentar:

  1. Bagi Teman-teman yang mw menambahkan tinggal coment aja yuk sambil diskusi

    BalasHapus