Selasa, 26 Juli 2016

8 Tips Mempersiapan Diri Menghadapi UN Dan SBMPTN

Pasti pada saat ini bagi para kalian yang sedang berada di kelas 3 SMA sedang meninkmati masa-masa terkhir kalian sebagai pelajar di SMA

Tetapi jangan sampai saat-saat terakhir kalian di SMA dimanfaatkan hanya untuk bermain-main saja , tanpa menghiraukan apa yang akan kalian hadapi sebenarnya....

Yap !! Itu Adalah Ujian Nasional dan bagi kalian yang akan meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu SBMPTN ( Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negri )

Walaupun Ujian Nasional dan SBMPTN masih lama , kalian jangan menganggap remeh hal tersebut , karena untuk menghadapi nya kita harus mempersiapkan diri kalian sematang mungkin.

Oleh karena itu saya akan memberikan Tips agar kalian mempersiapkan diri dari sekarang mungkin , sehingga kalian masih mempunyai banyak waktu untuk mempersiapkan diri semaksimal munggkin


  • 1. MENGUMPULKAN DAN MENGERJAKAN SOAL-SOAL UN DAN SBMPTN TAHUN LALU


  • " Kenapa yang pertama langsung mengerjakan soal tahun kemarin ?? "

    Karena menurut pengalaman saya , soal UN dan SBMPTN dari tahun ke tahun tidak akan jauh berbeda dengan tahun sebelumnya , dan alasan alasain lainya.

    Kalian bisa tahu gimana tinggkat kesulitan dari soal-soal UN dan SBMPTN kaya gimana jadi kalian bisa mengetahui gimana kesiapan kalian dalam mengerjakan soal UN dan SBMPTN

    Jadi mempelajari jadi mempelajari soal UN dan SBMPTN tahun sebelumya akan sangat membatu kalian dalam mempersiapkan diri sematang mungkin.


    2. PELAJARI KELEMAHAN MATERI KALIAN
    Setelah kalian mencoba mengerjakan soal-soal tahun lalu , pasti kalian menyadari kira-kira kekurangan kalian diaman aja sih , nah setelah kalian tahu kelemahan materi kalian , cobalah untuk mempelajari kesiapan materi kalian dan mencoba untuk mempelajarinya.

    3. KUMPULKAN RANGKUMAN REFERENSI  MATERI UJIAN



    Menurut saya mengumpulkan materi ujian yang akan hadapi akan sangat penting , karena kalian bisa mempelajari materi apa saja yang kalian butuhkan dan kalian mempunyai targer materi yang harus kalian kuasai.

    " Tapi kak saya lebih suka membaca buku secara menyeluruh aja , jadi ga usah susah-susah ngerangkum materinya "
    tapi jika kalian mempunyai kebiasaan seperti di atas , ya boleh aja karena cara belajar setiap orang berbeda-beda , jadi persiapan seperti apa saja tidak terlalu masalah masalah.

    4. BUAT JADWAL BELAJAR MULAI DARI SEKARANG


    Yang ini juga ga kalah penting , 
    suatu hal yang terpola dan teratur biasanya akan membuahkan hasil yang lebih memuaskan dibanding dengan belajar dengan sistem yang tidak terpola.
    " Tapi kak , biasanya kalo saya belajar kaya pake jadwal gitu susah buat konsistennya "

    Iya juga sih ,kadang saya juga kalo belajar dijadwal kaya gitu suka ga konsisten (malah di tunda-tunda) , tapi apa salahnya untuk di coba , karena awal-awalnya aja saya ga konsisten , tapi kalo dah lama bakal jadi kebiasaan yang bagus buat kalian semua dan saya yakin bakal mendapatkan hasil yang memuaskan.

    5. CIPTAKAN SUASANA YANG MENYENANGKAN


    Ok , seperti menurut saya di atas , cara belajar setiap orang berbeda-beda , jadi usahakan kalian belajar dengan cara yang kalian sukai seperti
     sambil dengerin musik, sambil tiduran, ataupun ditempat yang sepi, dll , pokonya cara belajar setiap orang pasti berbeda 
    Oleh karena itu kalian harus tau gimana cara belajar yang menurut kalian menyenangkan , sehingga kalian mendapat belajar yang berkualitas.

    6. IKUTI PROGRAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DENGAN BAIK


    Ini merupakan cara yang tidak susah , kalian hanya harus belajar dengan baik .

    apa itu belajar dengan baik ? , belajar dengan itu seperti kalian mendengarkan guru menjelaskan di depan dengan sungguh-sungguh , aktif menjawab setiap pertanyaan yang di ajukan oleh guru , menjelaskan yang kalian tau kepada teman-teman kalian.

    Hal-hal di atas merupakan kebiasaan yang tidak terlalu sulit , tapi sangat di sepelekan oleh pelajar

    7. JAGALAH KESEHATAN

    Dan yang terkhir adalah jagalah kesehatan , jika kalian tidak menjaga kesehatan mungkin hal tersebut akan mengganggu kegiatan belajar kalian . seperti kurang semangat , kurang gairah dalam belajar , mengganggu konsentrasi kalian ,dll.

    Jadi , mulailah dari sekarang jaga kesehatanmu , bisa dengan berolah raga secara teratur , lari pagi
    , atau apapun itu , dapat mningkatkan kualitas belajar kalian

    8.TINGGKATKANLAH IBADAH KALIAN

    Dengan beribadah , kalian akan diberikan ketenangan hati , ketenangan jiwa , dan diberikan jalan yang terbaik , oleh karena itu tinggkatkanlah ibadah kalian


    Munggkin segini dulu tips yang saya berikan buat teman-teman semua , semoga bermanfaat dan membuat teman-teman smua lebih optimis dan semangat buat menghadapi UN dan SBMPTN


    buat teman-teman semua , bagi yang mau menambahkan ataupun memberi saran kepada saya , comment di bawah ya :D


    0 komentar:

    Posting Komentar