Selasa, 12 Desember 2017

Apa itu Design Dan Engineering



Apa itu Design Engineering??

Desain rekayasa (Design engineering) adalah aktivitas total yang diperlukan untuk mengadakan dan mendefinisikan solusi-solusi untuk masalah yang belum dipecahkan sebelumnya, atau solusi baru untuk masalah-masalah yang telah dipecahkan sebelumnya dengan suatu cara yang berbeda. Perancang rekayasa menggunakan kemampuan intelektual untuk mengaplikasikan pengetahuan ilmiah dan memastikan bahwa produk memenuhi kebutuhan pasar yang telah disepakati dan spesifikasi desain produk serta memungkinkan proses manufaktur dengan metode yang optimum. Aktivitas desain tidak lengkap hingga produk yang dihasilkan dalam penggunaannya memberikan suatu tingkat unjuk kerja yang dapat diterima serta dengan metode pembuangan yang diidentifikasi secara jelas.

Seorang design engineering adalah orang yang mungkin terlibat dalam berbagai pengembangan suatu hal termasuk dalam bidang sipil, mekanik, listrik, kimia, tekstil, dirgantara, nuklir, manufaktur, sistem, dan struktur bangunan / arsitektur. Desain Engineer cenderung bekerja pada sebuah produk dan sistem yang mengharuskannya beradaptasi dan menggunakan ilmu yang complex dan matematik. Penekanannya cenderung pada penggunaan teknik fisika dan sains untuk mengembangkan sebuah solusi bagi masyarakat.

Sementara industrial designers mungkin bertanggung jawab atas aspek estetika dan ergonomis dalam sebuah desain, design engineering biasanya bekerja dengan sebuah tim lainnya untuk mengembangkan konsep dan detail pada design produk, agar benar-benar berfungsi sesuai dengan tujuannya. Mereka dapat bekerja sama dengan industrial designers and marketing agar bisa mengembangkan konsep dan spesifikasi produk untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan dan sesuai apa yang para pelanggan butuhkan. Di bidang engineering, perbedaan antara design engineer dan engineer planning adalah ;
-         Analisis penting untuk engineer planning sementara
-         sintesis lebih penting bagi design engineer.



Dua perspektif untuk melihat hubungan antara design and engineering





Design as part of engineering adalah desain hanya untuk melengkapi engineering

Engineering as part of design adalah engineering hanya bagian yang membantu dan melengkapi sebuah deisgn




diatas adalah contoh dari Design as part of engineering dan Engineering as part of design.

pengkategorian sebuah engineering dan design dengan contohnya:




Semakin kiri adalah bidang engineering sesuatu yang lebih pasti, rasional, benar/salah, obyektif. contohnya adalah sebuah mesin, robot, dllSedangkan ke arah kanan Art/Design yang berkehendak sesuai emosional, subyektif seperti game, animasi dll

*******

Proses engineering design memiliki beberapa kesamaan dengan sebuah metode ilmiah. Dari keduanya menggunakan proses yang dimulai dengan pengetahuan yang sudah ada, dan secara bertahap menjadi lebih dikembangkan dalam mendalami pengetahuan tersebut (dalam ilmu "murni" atau sains dasar) atau solusi (dalam hal ilmu pengetahuan "terapan", seperti engineer).


  Perbedaan utama antara engineering process dan scientific process 

adalah engineering process berfokus pada desain, kreativitas dan inovasi sedangkan scientific process menekankan penemuan (observasi).





0 komentar:

Posting Komentar